Friday, July 26, 2013

Kamera Smartphone Makin Canggih, Penjulan Canon & Nikon Lesu

detail berita

TOKYO – Perusahaan kamera terbesar di dunia, Canon, mengalami penurunan penjualan seiring banyaknya ponsel pintar yang sudah memiliki kamera dengan kualitas canggih. Permintaan dari berbagai kamera Canon menurun cukup drastis.
 
Kini konsumen lebih melirik ponsel pintar yang sudah memiliki teknologi tinggi dalam hal kamera. Dilaporkan dari media Jepang, Nikkei, hasil ini cukup telak memukul produsen kamera nomor satu di dunia.
 
Canon memangkas biaya produksi tahunan untuk kamera keluarannya dikarenakan permintaan yang lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya. “Perpindahan pangsa pasar ini cukup parah,” kata Minoru Takara selaku presiden Canon, seperti dikutip CNet.
 
Dilaporkan juga dari Nikkei, perkembangan ekonomi Cina baru-baru adalah salah satu yang menyebabkan penurunan bisnis Canon. Alasan terbesarnya dalah penyebaran smartphone yang sangat cepat dan luas.
 
Penurunan ini tak dirasakan oleh Canon saja, salah satu rival perusahaan kamera lain, Nikon, juga mengalami penurunan yang sama. Tercatat penurunan permintaan kamera poket atau profesional di dunia terjun 29 persen selama tahun 2013. 

Namun Nikon lebih cepat bertindak melihat turunnya laba bisnis dengan berinovasi merambah duniasmartphone. Hal yang belum dicoba oleh Canon.

No comments:

Post a Comment