Wednesday, April 24, 2013

Penjualan iPhone & iPad Naik, Laba Apple Turun


ITC ROXY MAS - California - Meski mengalami peningkatan pada penjualan iPhone dan iPad, namun menurut laporan keuangan kuartal kedua 2013, Apple disebutkan mengalami penurunan keuntungan.
Apple baru saja mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal kedua (Q2) 2013,Selasa (23/4) waktu AS atau Rabu (24/4) WIB. Laporan keuangan Apple menunjukkan kalau mereka mengalami penurunan laba bersih untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir.
Headline
Apple disebutkan mengalami penurunan laba untuk pertama kalinya sejak 2003 hingga 18%. Jika tahun lalu keuntungan bersih Apple mencapai US$11,6 miliar, maka tahun ini laba bersih mereka hanya mencapai US$9,5 miliar.
Penurunan laba bersih Apple juga dipengaruhi oleh anjloknya harga saham mereka di lantai bursa. Namun, di tengah kekecewaan investor atas terus merosotnya saham tersebut, pihak Apple akan membagikan dividen dalam jumlah besar kepada para pemegang saham.
Dilansir Bloomberg, rendahnya margin laba yang dibuat Apple dibanding prediksi analis, ditambah dengan terus merosotnya nilai saham dan pertumbuhan yang melemah, membuat Apple memutuskan akan mengembalikan dividen kepada para pemegang saham. Jumlah dividen yang dibagikan tercatat US$55 miliar dalam uang tunai sebagai kompensasi dari terus anjloknya nilai saham Apple.
Apple memang sengaja menambah jumlah dividen yang dibagi ke para investor dan mengeluarkan lebih banyak uang untuk program buyback saham. Untuk itu Apple memutuskan untuk meminjam dana dari pihak luar sebesar US$100 miliar.
Laporan keuangan Apple ini juga disertai dengan laporan penjualan. Apple disebutkan berhasil menjual 37,4 juta unit iPhone dan 19,5 juta unit iPad pada Q2 2013. Dimana di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 35,1 juta iPhone dan 11,8 juta iPad. Sedangkan untuk produk lain, penjualan Mac menurun 2% dari periode yang sama di tahun lalu, yakni 3,9 juta unit ketimbang tahun lalu dengan 4 juta unit.
”Kami sangat senang untuk melaporkan rekor pendapatan Q2 2013 berkat kinerja yang kuat dari iPhone dan iPad, Tim kami bekerja keras pada beberapa hardware, software d an layanan baru yang menakjubkan dan kami sangat gembira tentang produk dalam rencana ke depan kami,” ujar CEO Apple Tim Cook.

No comments:

Post a Comment