Saturday, June 1, 2013

Tablet Android Akan Ungguli iPad Apple


Itcroxymas.com, iPad Apple telah mendominasi pasar tablet sejak diluncurkan pertama kali, bahkan popularitasnya kian menanjak karena pemain di pasar tablet masih sedikit kala itu. Namun sekarang dominasi itu tampaknya akan segera berubah.

Percayakah Anda jika pengapalan tablet Android akan melampaui pengapalan tablet iPad tahun ini? Lembaga penelitian ABI Research memprediksi hal itu akan terjadi, sebagaimana dilansir Cnet, Sabtu (1/6/2013).

ABI Research mengungkapkan pangsa pasar pengapalan tablet Apple pada kuartal pertama tahun ini turun menjadi 50 persen, Android siap menyalip iOS dalam hal tablet. China adalah salah satu penyumbang terbesar dalam hal konsumsi perangkat Android.

China sangat 'bergairah' terhadap merek Apple, namun menurut ABI Research, tablet Android 7 inci yang lebih kini semakin populer. Munculnya tablet murah kurang dari US$ 200 membuat Android semakin diminati di pasar maju dan berkembang.

"Itu tak terelakkan, tablet Android akan menyalip iOS meskipun kami belum melihat ada vendor tunggal yang mampu menantang dominasi Apple dalam waktu dekat," tutur Jeff Orr, Senior Practice Director ABI Research dalam sebuah pernyataan.

Sejak tablet tersedia secara komersial selama lebih dari empat tahun, momentumnya sekarang sudah bergeser ke arah nilai dan keterjangkauan. Ukuran tablet dan harga jualnya secara rata-rata kian menurun sejak tahun lalu. 

Firma riset IDC mengeluarkan komentar yang serupa pada awal pekan ini. IDC mengatakan bahwa dalam dua kuartal kategori tablet 8 inci melampaui segmen tablet berukuran lebih besar dalam hal total pengiriman. IDC memprediksi 55 persen dari pengiriman tablet tahun ini akan berada di segmen layar yang lebih kecil. Harga jual rata-rata untuk tablet turun 11 persen di tahun 2013 menjadi US$ 381.

Apple telah menguasai pasar tablet sejak tahun 2010. Belum ada sistem operasi atau vendor yang mampu menggeser Apple, namun tablet dengan layar yang lebih kecil dan harga yang lebih murah dengan cepat menjadi populer. Itulah sebabnya Apple memperkenalkan tablet yang lebih kecil yaitu iPad mini pada akhir tahun lalu. 

No comments:

Post a Comment