Tuesday, June 4, 2013

Walkmac, Mac Portabel Pertama yang Tak Diproduksi Apple



ITC ROXY MAS : Jauh sebelum Apple merilis MacBook Pro atau MacBook Air, perangkat Mac portabel sudah banyak dirilis. Tak hanya Apple yang secara resmi merilis Mac portabel, perusahaan pihak ketiga pun diberi kesempatan untuk mengembangkan Mac portabel. Salah satunya adalah Colby System yang merilis Colby Walkmac.

Dilansir dari laman Cnet, Senin (3/6/2013), Colby Walkmac merupakan komputer Macintosh pertama yang hadir dengan desain portabel dan layar LCD dan bertenaga baterai. Mac portabel ini didesain oleh pendiri Colby System, Chuck Colby di tahun 1982. 

Komputer ini dibuat berdasarkan motherboard Mac SE. Walkmac muncul pertama kali di pasar pada 1987, dua tahun sebelum Apple memperkenalkan Macintosh Portable. Seperti laptop modern saat ini, Walkmac juga sudah terintegrasi dengan keyboard danmousepad. 

Cnet yang melansir Chuck Colby dan museum komputer DigiBarn di California Utara mengatakan pemilik komputer ini beragam, dari band rock Grateful Dead hingga penyiar CBS News Peter Jennings. "Ribuan di antaranya terjual dari 1987 hingga 1991".

"Sebelum Apple merilis Portable, saat tiap orang menanyakan Mac portabel. Apple memberikan mereka nomor telepon Colby," demikian pernyataan yang didapat Cnet.

Bahkan saat Apple merilis Macintosh Portable, Colby terus menjual Walkmac. Alasannya, Walkmac hadir dengan prosesor yang lebih cepat, yaitu Motorola 68030. Bandingkan dengan portabel milik Apple yang menggunakan prosesor 68HC000 16 MHz.

Tapi Sony kemudian menggugat nama Walkmac yang dianggap sangat mirip dengan Walkman, pemutar musik portabel milik Sony. Colby pun terpaksa mengganti namanya menjadi Colby SE30. 

Colby Walkmac yang berhasil difoto Cnet ini sendiri merupakan milik Ken Landau, mantan pegawai Apple periode 1986-1992. Ken Landau yang saat ini menjabat sebagai CEO Mobileage (pengembang aplikasi), mengatakan Walkmac miliknya kehilangan sebagian suku cadangnya, termasuk hard drive yang dicolokkan dan baterai. 

Adapun Walkmac yang dimiliki Ken Landau memiliki spesifikasi model CPD 1, yang diproduksi 1987. Prosesor yang dibenamkan tetap Motorola 68030 16 Mhz dengan memori 1 MB. Komputer dengan bobot 13 pon ini dijual seharga US$6.000, dan jika dihitung inflasi maka harganya saat ini mencapai US$ 11.935. 

Tapi prediksi harga itu belum dihitung jika masuk proses lelang. Sebelumnya komputer Apple 1 asli yang diproduksi 1976 berhasil dijual US$ 650 ribu atau sekitar Rp 6,3 miliar. Tentu mengingat langkanya koleksi Walkmac, bukan tak mungkin harga lelangnya mendekati Apple kuno itu.

No comments:

Post a Comment