Saturday, June 1, 2013

Tablet Android Segera Salip iPad


itcroxymas.com - Dominisi iPad di pasar tablet telah menjadi rahasia umum. Namun meski iPad mendominasi pasar tablet saat ini, tapi tablet Android diprediksi akan tumbuh semakin agresif untuk menyalip.

Dilansir dari Cnet, Jumat (31/5/2013), perusahaan riset ABI Research mengungkapkan bahwa Apple menguasai pasar tablet dengan dominasi 50 persen pada kuartal satu 2013. Akan tetapi Android diprediksi bersiap untuk menyalip iOS di pasar tablet.

Perusahaan riset teknologi itu tidak memberikan batas waktu tercapainya prediksi tersebut, tapi China dinilai akan memberikan kontribusi besar untuk kemajuan Android. "Negara itu menyukai brand Apple, bersamaan dengan itu tablet Android 7 inci yang lebih kecil terus tumbuh dan populer. Dorongan tablet murah yang umumnya kurang dari USD200 (sekira Rp1,9 juta) membuat Android semakin relevan di pasar maju dan berkembang," ungkap ABI.

"Tak bisa dipungkiri bahwa tablet Android akan menyalip tablet iOS (iPad), meskipun kita tidak melihat vendor tunggal yang menantang dominasi Apple dalam waktu dekat. Kehadiran tablet media selama empat tahun membuat  momentum bergeser ke arah nilai dan keterjangkauan sehingga membuat tablet lebih terjangkau," tutur Senior Practice Director ABI Jeff Orr.

ABI mencatat, rata-rata harga jual dan ukuran telah turun sejak tahun lalu. Selain ABI, perusahaan riset lain yakni International Data Corporation (IDC) membuat kometar serupa pada awal pekan ini.

Menurut IDC, selama dua kuartal, kategori tablet 8 inci melampaui segmen tablet berukuran lebih besar dalam hal total pengapalan. IDC memprediksi 55 persen pengapalan tablet tahun ini akan didominasi segmen layar yang lebih kecil. Selain itu, rata-rata harga jual tablet seharusnya turun 11 pada tahun ini menjadi USD381 atau sekira Rp3,7 juta.

No comments:

Post a Comment