Monday, February 18, 2013

Beyond B-Tab 1 - Review

Zyrex


Desain
Beyond B-Tab1 dirancang dengan desain full bar, nampak jelas seperti desain tablet 7 inchi pada umumnya. Beyond B-Tab1  mengusung jenis layar capacitive multi touch dengan tingkat resolusi 800x480 pixels (WVGA). Tidak ada informasi tentang kedalaman layarnya, hanya saja terlihat kepadatan pixels terasa sedikit kurang tajam.

Pada sisi atas layar terdapat lensa kamera sekunder, sensor cahaya, dan earpiece. Ada juga lampu indikator LED  sehingga untuk menampilan notifikasi (telepon atau SMS) yang masuk. Lalu pada sisi belakang (back cover), terdapat lensa kamera utama, lubang speaker mungil, dan tombol reset. Menambah kesan mantap dalam genggaman, tutup back cover dibuat dari bahan plastik bertekstur, sehingga tidak licin.

Di bagian atas body, kita bisa melihat deretan berbagai fungsi seperti tombol on/off – pengunci layar, audio jack 3.5mm, port microUSB, port charging, serta tombol volum. Sementara pada kanan, kiri, dan bawah body dibiarkan kosong tanpa instrumen apa pun.

Catatan
Penempatan slot SIM card dan microSD berada di atas body. Kedua slot tersebut ditutup oleh pelindung sehingga menambah kesan rapi.

Fitur
Tablet Beyond ini ini sudah berjalan di platform OS Android 4.0.4 ICS (Ice Cream Sandwich). Untuk menunjang kutomisasi menu, terdapat 5 halamam homescreen yang bisa diisi beragam shortcut (widget) dari aplikasi-aplikasi yang berada di menu. Kelebihan lain dari Beyond B-Tab1  adalah kemampuannya dalam menyediakan jaringan GSM. Koneksinya tidak sebatas GPRS, melainkan kartu dapat dibuat ngebut hingga jaringan EDGE, khususnya untuk kegiatan berselancar di dunia maya.

Sayangnya, kekuatan fitur kamera utama tidak bisa dibanggakan. Resolusi kamera utamanya hanya 1 Mpix (1024x768 pixels), dan kamera sekunder pun memiliki resolusi VGA (640x480 pixels). Jadi, jangan kaget bila hasil jepretan Anda kurang memuaskan. Saat ingin bertukar antara kamera belakang dan depan, tersedia tombol "beralih" di pojok kanan atas. Beyond B-Tab1  juga dilengkapi kemampuan rekam video, hanya sayangnya pihak vendor tidak menyebutkan berapa resolusi maksimum yang bisa dicapai dalam perekaman.

Untuk keperluan hiburan, pemutar musiknya sudah tampil lengkap dengan adanya equalizer, playlist, dan shuflle. Bahkan Anda bisa mengatur irama equalizer, plus ditambah efek bass boost, dan efek suara 3D.
 
Beyond B-Tab1 sudah dilengkapi aplikasi Aldiko Book Reader. Ini merupakan aplikasi untuk membaca dan mendownload ribuan ebook pada perangkat Android. Sebagai bonus, Anda diberikan satu e-book berjudul White Fang karya Jack London.

Catatan
Selain book reader, tablet ini juga dilengkapi oleh aplikasi Documents To Go sebagai office manager. Anda bisa melihat dan mengedit file Microsoft Office langsung di tablet ini.
 
Kinerja
Beyond B-Tab1 ditenagai single prosesor 1.2GHz ARM Cortex-A9 serta dukungan ROM 4GB, RAM 512MB. Memang bukan sebuah spesifikasi terunggul, tapi dilihat dari harga jualnya, jelas apa yang tersaji dari tablet ini sudah sangat layak. Secara keseluruhan performa tablet ini cukup baik, visual layarnya memang tidak terlalu tajam dan terkadang suka terjadi lag.

Beyond B-Tab1 ditenagai baterai lithium ion dengan kapasitas 3.200 mAh. Untuk waktu siaga, performa bateri dapat bertahan hingga 2 hari penuh dalam penggunaan aplikasi secara minimal.

No comments:

Post a Comment