Tuesday, March 12, 2013

Ponsel Android Jadi Robot Pemantau

Thumbnail
Ponsel pintar (smartphone) dengan OS Android, oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi robot pemantau.

Mahasiswa Fakultas Teknik UNY Wahyu Privantoro itu mengatakan robot pemantau itu dimanfaatkan untuk memeriksa benda-benda yang mencurigkan. Operator kemudian bisa menyaksikan pantauannya secara realtime.

"Robot pemantau ini memanfaatkan ponsel pintar OS Android sebagai IP Webcam dengan komunikasi bluetooth dan Wifi  yang berbasis microcontroller ATmega-8," kata Wahyu Privantoro, mahasiswa Jurusan Elektronika Fakultas Teknik UNY itu.

Pemilihan ponsel dengan Operating System (OS) Android itu tidak lepas dari keberadaan perangkat ini yang tersebar luas di masyarakat dan harganya relatif murah.

Ia mengemukakan ponsel pintar ini dipilih juga karena memiliki kemampuan untuk WIFI thetering sebagai IP Webcam yang bisa disambungkan dengan laptop melalui koneksi bluetooth.

"Melalui laptop operator bisa melakukan pemantauan audio video secara realtime," tegasnya.

Bluetooth dan Wifi, jelasnya juga dimanfaatkan untuk mengirim perintah kepada robot pemantau yang kemudian dikirim melalui bluetooth ke modul bluetooth pada sistem microcontroller.

"Sistem ini akan mengirim hasil pantauan berupa video dan ditampilkan pada browser yang sda di laptop," ujarnya.

Disebutkan tampilannya menggunakan browser Mozilla Firefox sebagai output pantau. 

Wahyu mengakui untuk ke depan masih memerlukan penyempurnaan-penyempurnaan agar gambar yang ditangkap bisa lebih baik termasuk arah ambilan dan lebar tangkapan. 

No comments:

Post a Comment