Saturday, January 26, 2013

HTC Desire V - Review



Desain
Setelah meluncurkan seri Desire VC  yang mengusung dual on GSM-CDMA, HTC dalam waktu yang tidak berbeda jauh juga telah merilis seri Desire V, sebuah smartphone Android yang juga mengusung dual on, tapi di ranah GSM-GSM. Desain utamanya sekilas tak mengindikasikan perbedaan dengan seri-seri Desire sebelumnya, full bar dengan adopsi layar sentuh capacitive 16 juta warna, beresolusi 480x800 pixels serta bentang layar 4 inchi. 

Layarnya sudah mendukung multi touch dengan sentuhan antarmuka terbaru dari HTC Sense 4.0.  Di bagian bawah layar terdapat tombol touch pad, yakni back, home, dan recent.  HTC Desire V keseluruhan memiliki dimensi 118,5 x 62,3 x 9,3 mm dan berat 114 gram. Menelusuri sekeliling body, pada sisi kanan terdapat tombol pengatur volume, yang juga bertindak sebagai tombol zoom kamera. Sedangkan pada sisi kiri tersemat port MicroUSB untuk keperluan transfer data dan charging.  Lalu untuk tombol on/off yang juga bertindak sebagai tombol pengunci layar terdapat pada sisi atas, berdampingan dengan auido port 3,5 mm. 

Beranjang ke bagian belakang, tampak lensa kamera 5 Mpix beserta flash light di dalam frame bernuansa chrome vertikal. Uniknya terdapat logo HTC dengan kontur landscape, tepat pada sisi bawah terdapat logo Beats Audio dengan titik-titik lubang speaker. Untuk menambah rasa mantap dalam menggenggam, material plastik pada back cover dibalut dari bahan dof. 

Catatan 
HTC Desire V mengusung konsep hot swap untuk slot SIM card 1 dan SIM card 2, kedua kartu dapat dilepas dan dipasang tanpa harus mematikan smartphone. Begitu juga dengan slot MicroSD menganut hot swap, tersemat pada sisi atas. Untuk membuka tutup back cover akan lebih mudah bila Anda mempunyai kuku yang cukup panjang. 

Kinerja
Smartphone Android generasi Ice Cream Sandwich ini mengusung dual on GSM-GSM, dimana SIM 1 hanya dirancang untuk sebatas ngebut internet di jalur EDGE (2G), sedangkan SIM 2 baru dipersiapkan untuk menghantarkan kecepatan akses selular di jalur HSDPA dan HSUPA. Sedangkan untuk standar WiFi, sudah mendukung b/g/n dengan kemampuan mobile hotspot (WiFi tethering). 

Untuk kemampuan imaging, HTC Desire V sudah mengadopsi resolusi 5 Mpix (2592х1552 pixels) dilengkapi flash light,  tanpa dukungan kamera sekunder. Menu yang tersedia mencakup self timer, adjustment, auto focus, ISO, white balance, macro mode, efek, dan night shot. Selain resolusi 5 Mpix, tersedia pilihan resolusi 3Mpix (2048x1360), 1Mpix (1280x848), dan small (640x416). Tidak lupa, tersedia dukungan foto editor. Untuk rekam video, resolusi maksimum yang bisa dicapai adalah 720p dengan kecepatan 30 fps.  Untuk soal kelengkapan menu, rekam video nyaris serupa dengan kamera. Format video yang bisa diputar adalah MP4/H.263/H.264/Windows media.

Untuk urusan hiburan, sesuai standar Beats Audio, HTC Desire V dirancang buntuk memiliki keunggulan pada unsur musik. Tapi jangan salah, performa Beats Audio bisa Anda dengarkan bila menggunakan headset. Setelah headset terpasang, Beats Audio langsung berjalan dan menyesuaikan tingkat bass, treble dan lainnya secara otomatis. Fitur ini juga bisa dimatikan jika ingin mendengar musiknya secara normal. Selain itu terdapat aplikasi musik lain seperti TuneIn Radio dan SoundHound. Di pemutar musik Anda juga bisa mengatur equalizer secara otomatis maupun manual.

Tidak ketinggalan HTC Desire V juga menghadirkan fitur FM radio, dengan HTC Sense 4.o, tampilan antarmuka FM radio terlihat lebih modern dan dinamis. Sayangnya FM radio tidak dilengkapi dengan fasilitas rekam siaran. 

Hal menarik lainnya dari HTC Desire V adalah smartphone ini sudah didukung dengan aplikasi office, Polaris full version. Artinya Anda tak hanya bisa membuka dan mengedit dokumen, melainkan dapat membuka dokumen Microsoft baru. Untuk memikat, HTC memberikan free 25GB Dropbox selama 2 tahun, lain dari itu masih ada aplikasi cloud storage yang bisa Anda pilih, seperti SkyDrive. 

Catatan
HTC Desire V dilengkapi built in screen capture, caranya tekan bersamaan antara tombol on/off dan tombol volume bagian bawah. 

Kinerja
HTC Desire V punya dapur pacu yang lebih kuat ketimbang Desire C, smartphone ini mengusung prosesor single core 1Ghz cortex-A5 chipset Qualcomm MSM7227A Snapdragon, dengan GPU Adreno 200. Dari hasil uji, performa Desire V tampil sangat memuaskan, kualitas layarnya terbilang cukup baik untuk kelas Android berlayar 4 inchi. Pola penempatan slot SIM card 1 dan SIM card 2 dipandang unik, terutama untuk posisi salah satu SIM card yang sekilas tersemat dibalik lensa kamera. Konsep ini terbilang memudahkan dan ergonomis untuk gonta ganti SIM card tanpa harus mematikan smartphone. 

HTC Desire V ditenagai baterai Lithium ion dengan kapasitas 1650 mAh. Dari hasil pengujian, kinerja baterai akan sangat berpengaruh pada banyaknya aplikasi yang berjalan, juga lamanya sebuah aplikasi berjalan. Untuk kondisi siaga dalam pemakaian minimalis, HTC Desire V bisa berjaga selama 48 jam. 

No comments:

Post a Comment