Sunday, January 27, 2013

Sony Xperia acro S LT26w - Review




Desain 
Inilah smartphone kedua ‘tercanggih’ dari keluarga Sony Xperia, setelah Xperia ion LT28at, kini Sony Indonesia meluncurkan Sony Xperia acro S LT26w. Dari sisi desain, smartphone ini terbilang bongsor dengan tetap mengandalkan konsep full bar uni body. Xperia acro S memiliki dimensi 126 x 66 x 11,9 mm dan berat 147 gram. Ukurannya yang lumayan bongsor tentu terkait dengan keberadaan fitur dan fasilitasnya yang cukup ‘berbobot’, untuk layar saja punya bentang 4.3 inchi dengan resolusi 720x1280 pixels.

Sony berusaha menampilkan kehebatan kualitas layar pada acro S, ini dibuktikan dengan adopsi teknologi Sony mobile Bravia Engine serta kerapatan pixels pada layar yang mencapai 342 ppi. Layar Acro S memiliki kedalaman 16 juta warna, untuk mendukung respon yang cepat, tentunya teknologi capacitive tak lupa disertakan. Sony juga memberi perlindungan pada layar dengan lapisan anti gores.

Lepas dari itu semua, Sony Xperia acro S sejatinya merupakan smartphone Android outdoor. Buktinya smartphone ini telah mendapatkan sertifikasi IP57 untuk ketahanan pada cipratan air dan debu. Bila melihat dari sosok body-nya memang semua nampak serba rapat dan dilengkapi penutup. Secara keseluruhan, pada atas layar terdapat notification LED, proximity sensor, dan lensa kamera sekunder. Lalu di bawah layar disematkan touchpad untuk back, home key, dan menu key. Dibawah uturan touchpad baru terdapat lubang mikrofon.

Sony Xperia acro S cukup membawa beragam instrumen, untuk sisi belakang (back cover) misalnya, tepat diantara lensa dan flash light, terdapat NFC (near field communication) detection area. Untuk memudahkan pengendalian, pada sisi atas body, terdapat audio port 3,5mm, port HDMI, dan microUSB port, semuanya dilengkapi dengan penutup. Menuju sisi kanan body terdapat slot MicroSD da slot SIM card yang mengusung konsep hot swap ala iPhone dengan penampang. Masih disisi kanan, ada konektor untuk charging dock. Kemdian melihat ke sisi kiri terdapat tombol on/off – pengunci layar, tombol pengatur volume/zoom, dan tombol shortcut kamera.

Catatan
Secara teori, Sony Xperia acro S dapat diajak menyelam hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit. Dalam paket penjualan sudah disertakan charging dock.
 
  
 
Fitur
Sony Xperia acro S punya kemampuan kamera yang sepadan dengan Xperia ion, yakni dengan bekal resolusi kamera utama 12 Mpix (4000x3000 pixels) serta kemampuan kamera sekunder dengan resolusi 1,3 Mpix. Selain telah dibekali flash light, kamera telah dilengkapi menu pendukung seperti touch focus, auto focus, macro mode, landscape, portrait, night, party, dan lainnya. Juga ada moda tambahan jika Anda tertarik untuk gunakan, seperti Panorama dan 3D.

Kemampuan rekam video bekerja sangat baik dengan kualitas HD (high definition) 1080p dan video stabilizer. Dibekali Reality Display HD 4.3 inchi dengan Mobile Bravia Engine. Mendukung beragam varian codec, ion bisa memutar video berformat DivX dengan resolusi 1920x1080 pixel. Dengan dukungan port microHDMI, Anda bisa menyaksikan video yang ada di handphone di TV HD.

Selain kamera, pemutar musik juga menjadi perhatian penting. Dengan mengadopsi teknologi Walkman, kualitas pemutar musik di Xperia acro S bisa dibilang sangat apik. Untuk equalizer disediakan pengaturan otomatis dan manual, bahkan ada pilihan untuk menampilkan efek bass bosster. Tak ketinggalan ada suffle dan playlist untuk memudahkan navigasi menikmati musik. Meski sudah terbilang serba canggih, FM radio tidak dilupakan, FM radio dapat menyimpan channel list secara dinamis yang dilengkapi fitur RDS.

Sebagai smartphone dengan harga ‘premium,’ Xpria acro S tentunya sudah dilengkapi apilkasi office lengkap. Di versi yang kami coba, telah ter-install Office Suite6 dengan kemampuan lengkap, mulai dari edit hingga membuat dokumen baru dengan ekstensi Microsoft.

Sony Xperia acro S juga mumpuni dalam hal konektivitas, untuk jaringan selular akses koneksi bisa ngebut degan HSDPA (14,4 Mbps) dan HSUPA (5,8 Mbps). Untuk WiFi pun sudah menganut platform b/g/n, kemampuannnya mencakup WiFi direct, DLNA, dan WiFi hotspot. Satu yang pasti, Xperia acro S juga telah dilengkapi built in chip NFC. Jadi smartphone ini cukup siap menghadapi tren layanan di masa mendatang. Untuk mendukung fungsi kerja, ada pula bekal kemampuan USB on the go, artinya Xperia Acro S dapat membaca flash disk via USB.

Catatan
Koneksi radio tetap membutuhkan headset sebagai antena.

Kinerja
Dibanding Xperia ion, pada versi uji cobanya, Sony Xperia acro S sudah berjalan di platform OS Android 4.0.4 ICS (Ice Cream Sandwich). Adopsi versi Android terbaru ini menjadikan visual menu dan navigasi jadi lebih menarik. Sebagai smartphone dengan segudang kebisaan, sudah barang tentu urusan dapur pacu bukan sembarangan. Xperia Acro S dibekali prosesor dual core 1.5 Ghz Snapdragon. Selancar menu juga didukung chipset Qualcomm MSM8260 dan kualitas visual GPU Adreno 220.

Untuk memasok kinerja beragam fitur yang berat, smartphone ini ditenagai baterai lithium ion dengan kapasitas 1910 mAh. Dari kapasitas tersebut, waktu siaga dalam moda 3G mencapai 290 jam, dan pada moda 2G 310 jam. Sedangkan untuk waktu bicara,  dalam moda 2G bisa mencapai 7 jam, dan pada moda 3G mencapai 6 jam. Sony Xperia Acro S bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan smartphone outdoor dengan kemampuan fitur tercanggih di kelasnya.

No comments:

Post a Comment