Sunday, January 27, 2013

Sony Xperia P LT22i - Review



Desain 
Dilihat dari tampilannya, nampak Sony Xperia P adalah smartphone premium. Mengambil konsep desain full bar, Xperia P memiliki dimensi 122 x 59,5 x 10,5 dan berat 120 gram. Dari segi desain, Xperia P mengusung tema unibody, artinya komponen baterai menyatu pada struktur, layaknya iPhone. Agak berbeda dengan keluarga Xperia lainnya, Sony Xperia P tidak dibekali slot memori eksternal, smartphone ini hanya mengandalkan kapasitas memori internal 16GB dan 1GB RAM. 

Menambah kesan ergonomis, pada back cover dibuat lekukan yang cukup manis, sehingga smartphone ini cukup nyaman saat harus dimasukan ke dalam saku celana sekalipun. Sebagian besar material casing Xperia P juga dibuat dari bahan alumunium, ini menjadikan ketahahan bodi dan sisi eksklusif Xpera P sangat ditonjolkan. 

Sony Xperia P juga bergaya laksana iPhone dan Nokia Lumia, pasalnya Xperia P tidak lagi menggunakan SIM card ukuran standar, melainkan memakai micro SIM card. Posisi slot micro SIM card terdapat pada sisi kiri, bersebelahan dengan port HDMI dan port micro USB. Sedangkan pada sisi sebaliknya terdapat tombol pengatur volume, tombol shortcut kamera, dan tombol on/off, yang juga berperan sebagai pengunci layar. Untuk penempatan audio port 3,5mm pun dibuat sangat pas, yakni pada sisi atas. 

Untuk layarnya, Sony Xperia P memiliki layar sentuh capacitive berukuran 4 inchi dengan resolusi 540x960 pixels. Dibekali teknologi WhiteMagic Sony, pengguna jadi lebih mudah untuk melihat layar dibawah terik sinar matahari. 

Catatan
Sony memberikan fitur Reality Display, dengan fitur ini warna yang keluar nampak hidup dan seperti keluar dari layar. 

Fitur
Dengan membawa nama besar Sony, Xperia P jelas mengandalkan kemampuan imaging. Xperia P mampu menghasilkan foto yang terbilang baik berkat kamera 8Mpix (3264x2448 pixels) dan sensor Exmor R. LED flash smartphone ini cukup terang, mampu mengakomodir kebutuhan cahaya ketika digunakan di ruang gelap. Xperia P juag dikebali kamera sekunder pada sisi depan, resolusinya tapi hanya sebatas VGA. 

Kemampuan kamera Xperia P terbilang mumpuni. Anda dapat melakukan touch focus, panorama, 3D panorama, white balance, macro mode, smile detection, timer, exposure value, red eye detection, hingga mengatur ISO. Hasil rekaman video dari kamera utama  Xperia P mampu merekam video dengan kualitas HD 1080p. Kamera mampu meminimalisasi frame skip saat digunakan untuk merekam video dengan gerakan cepat. Sedangkan kamera depannya mampu merekam video dengan kualitas HD 720p.

Urusan musik juga menjadi ciri dai keluarga Xperia, pemutar musik hadir dengan fitur equalizer, shuffle, dan playlist. Kualitas pemutar musik bisa dikatakan sangat baik. Untuk hiburan lainnya, ada FM radio, disini Anda bisa menyimpan channel stasiun radio favorit secara dinamis. Dukungan office pun sangat memadai, Anda bisa mengedit dan membuat dokumen baru dari Xperia P.

Catatan
Untuk antena FM radio mengandalkan koneksi headset sebagai antena. 

Kinerja
Sony Xperia P menggunakan prosesor dual core NovaThor U8500 1GHz. Dari hasil uji, terlihat kinerja smartphone ini sangat apik, pergantian aplikasi sangat baik, dan handal untuk digunakan mengaktifkan beberapa aplikasi secara bersamaan.  Kualitas layar Xperia P tajam karena menggunakan Mobile Bravia Engine, mampu menghadang silau pada layar saat smartphone digunakan di bawah terik matahari

Dalam versi yang kami coba, Xperia P masih menggunakan sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread), pihak Sony telah menjanjikan untuk memberikan update ke Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Sony Xperia P ditenagai baterai Lithium ion dengan kapasitas 1305 mAh. Untuk waktu siaga dapat mencapai 475 jam, dan waktu bicara hingga 6 jam di jalur 2G. Sedangkan bila 3G diaktifkan, waktu siaga hanya mencapai 470 jam dan waktu bicara 5 jam. 

No comments:

Post a Comment