Saturday, January 26, 2013

HTC Desire VC - Review



Desain 
Rancangan HTC Desire VC mengacu pada desain full bar, smartphone ini memiliki dimensi 119,5 x 62,3 x 9,5mm dan berat 119 gram. Dilihat dari ukuran dimensinya, HTC Desire VC tergolong gadget yang tipis, dan masuk kategori ergonomis. HTC Desire VC punya bentang layar yang elegan, yakni 4 inchi dengan resolusi 480x800 pixels. Soal kedalaman layar, mengadopsi jenis LED capacitive 16 juta warna. 

Yang cukup menarik diperhatikan adalah pada sisi layar, HTC Desire VC sudah dibenamkan tampilan antarmuka (user interface) HTC Sense 4.0, menjadikan sensasi navigasi menu begitu nyaman, ditambah pula, smartphone ini sudah berjalan di platform Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Meski terbilang minimalis, tepat dibawah layar terdapat 3 instrumen touchpad, yakni touchpad menu menu aplikasi, home, dan back. 

Desain HTC VC memang terlihat elegan dan ekslusif, dominasi warna hitam menjadikan smartphone ini memancarkan kesan kuat dan tegas. Apalagi pada sisi back cover, material dibalut bahan dof, menjadikan smartphone ini mantap dalam genggaman. Untuk kelengkapan disekeliling body, microUSB port terlerak pada sisi kiri, dan sebaliknya disisi kanan terdapat tombol pengatur volume. Letak audio port 3,5mm berada pada sisi atas, bersebelahan dengan tombol on/off, yang juga berperan sebagai tombol pengunci layar. Yang tak bisa dilupakan adalah penempatan speaker yang tergas terlihat berwarna merah pada sisi atas layar. 

Catatan
Smartphone ini telah mengusung konsep hot swap untuk slot MicroSD, posisinya berada dibalik back cover. 

Fitur
HTC Desire VC punya daya pikat tersendiri dari sisi fitur, pasalnya inilah smartphone Android 4.0 pertama yang ditawarkan dengan kemampuan dual on GSM-CDMA di Tanah Air. Umumnya selama ini pola dual on hanya ditawarkan oleh vendor merek lokal, itu pun hanya bermain di segmen dual on GSM-GSM. Untuk mendukung peran GSM-CDMA, maka Desire VC  menganut sistem GSM triple band untuk SIM card 1, dan sistem CDMA dualband 800/1900 untuk SIM card 2. 

Meski punya dua sistem teknologi, untuk urusan koneksi internet, HTC Desire VC lebih dominan ke CDMA, dengan adopsi platform basis CDMA2000-1x EVDO. Sebaliknya untuk SIM card GSM hanya dipersiapkan untuk koneksi standar di jalur 2G (GPRS). 

Bicara soal imaging, HTC Desire VC sudah dibekali kamera dengan resolusi 5 Mpix (2592х1552 pixels) plus flash light. Kelengkapan pada fitur ini mencakup auto focus, digital zoom, macro mode, multishot, white balancing, efek, face detection, foto editor, dan ISO. Sedangkan untuk rekam video, spesifikasinya mampu mencapai 720p dengan kecepatan 30 fps. 

Nampaknya HTC memberi perhatian serius pada elemen pemutar musik, dimana Desire VC dimasukkan dalam keluarga Beats Audio. Soal kualitas musiknya, terbilang jernih dan mumpuni, permutar musik menyediakan equalizer, shuffle, playlist, dan bass booster. Di elemen musik, juga di perkuat aplikasi seperti 7 digital dan Tuneln Radio (streaming). Tak lupa juga tersedia fitur FM radio dengan kemampuan simpan channel secara dinamis. 

Buat urusan yang serius, seperti mendukung aplikasi office pun HTC Desire VC  sudah siap, tersedia aplikasi Polaris full version, ini artinya Anda bisa membuka, mengedit, dan membuat dokumen kerja baru. Tambah mumpuni lagi, aplikasi office didukung pula dengan fitur cloud, seperti DropBox dan SkyDrive. 

Catatan
Fitur FM radio tetap membutuhkan koneksi headset sebagai antena, dan FM radio tidak dilengkapi dengan menu rekam siaran.

Kinerja
HTC Desire VC terbilang apik untuk diajak ngebut dengan menggunakan beragam aplikasi, dari hasil uji coba, moda aplikasi secara multi tasking tak membuat smartphone ini jadi hang. HTC Desire VC sendiri mengusung prosesor Qualcomm MSM7227A Snapdragon 1GHz. Adanya tawaran dual on GSM-CDMA menjadi ciri menarik utama dari sosok gadget ini, ditambah adopsi Andoid ICS, kamera 5 Mpix, plus pemutar musik dengan standar Beats Audio. Dengan segala kelengkapannya, HTC Desire VC dibandrol Rp3 juta, sebuah harga yang sangat wajar dan sesuai.

HTC Desire VC ditenagai baterai Lithiuim ion dengan kapasitas 1.650mAh. Dari hasil uji coba, kapasitas baterai dapat mendukung hinggawaktu siaga selama 2 hari dalam pemakaian standar. 

No comments:

Post a Comment