Sunday, January 27, 2013

Samsung Champ Neo Duos C3262 - Review



Desain
Melihat sudut sikunya yang sangat melengkung, mungkin kita beranggapan smartphone Samsung Champ Neo Duos memiliki sebuah slider di belakangnya. Tapi, ternyata tidak. Smartphone ini begitu unik dan jelas sekali menyasar segmen anak muda yang dinamis dan ceria.
Ukuran bentang layarnya cukup kecil yakni 2.4 inchi dengan resolusi 240x320 pixel, dan kedalaman warna 256ribu saja. Layar sentuhnya dapat dioperasikan dengan jari atau stylus. Ya, smartphone Neo Duos ini turut dilengkapi dengan stylus sehingga pengguna tidak perlu khawatir sidik jari akan tertinggal di layar. Smartphone ini berjalan pada OS proprietary besutan Samsung sendiri dengan interface Touchwiz 2.0 Lite.
Samsung Champ Duos Neo memiliki fitur unik yang disebut Hot swappable, yang memungkinkan pengguna untuk beralih antara kedua kartu SIM tanpa perlu mencopot baterai terlebih dahulu atau reboot ponsel.
Tampak depan ada earpiece di atas dan di bawah, layar 2.4 lengkap dengan stylus, penamaan Duos, serta tiga tombol fungsi fisik seperti Dial call, Back, dan on/off.
Catatan
Sayangnya, layar masih mengusung resistive touch screen. Jadi agak perlu ditekan saat membuka aplikasi atau mengetik teks.
Fitur
Samsung Champ Neo Duos merupakan ponsel entry level untuk generasi muda. Handphone ini sudah terintegrasi dengan aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, MSN, Google Talk, Yahoo, push-mail dan chat client sendiri milik Samsung. Ponsel ini dilengkapi dengan kamera VGA. Selain untuk menjepret momen bagus, kameranya juga dapat merekam video dengan resolusi 240x320 pixel @15fps. Ada juga pemutar audio dan video untuk pengalaman multimedia yang sempurna.
Champ Neo Duos memang ditawarkan oleh Samsung untuk mengisi segmen entry-level. Bisa dibilang untuk urusan fitur dasar ya terlihat standar-standar saja, kecuali ciri khasnya, yakni kemampuan dual on GSM-GSM. Kedua kartu dapat aktif bersamaan pada jaringan GSM quadband (2G). Tidak ada dukungan untuk jaringan 3G.
Champ Duos Neo juga dilengkapi dengan segala macam fitur konektivitas seperti Micro USB, Bluetooth 3.0, GPRS, 3,5 mm jack, dan masih banyak lagi.
Catatan
Kapasitas memori internal terbilang kecil untuk menampung semua aplikasi. Hanya 20MB saja.
Kinerja
Samsung Champ Neo Duos dalam versi jualnya berbekal OS proprietary, bukan Android seperti kebanyakan handset besutannya. Smartphone dual on ini juga tidak diketahui jenis prosesor yang digunakan. Memang belum terlalu mumpuni, tapi terlihat wajar mengingat harga jualnya yang tidak terlampau mahal. Dalam pengujian, Champ Neo Duos dapat menampilkan performa yang apik.
Smartphone ini disokong baterai berkapasitas 1100mAh dalam bekerja. Untuk penggunaan wajar, baterai bisa bertahan seharian. Apalagi resolusi layar yang rendah, tidak akan menguras daya tahan banyak. Tapi kalau diselingi dengan membuka jejaring sosial atau kegiatan chatting dengan cukup intens, baterai hanya bisa bertahan setengah hari

No comments:

Post a Comment