Saturday, January 26, 2013

Motorola Defy XT535 - Review



Desain 
Melanjutkan kesuksesan seri Defy MB525, yang dikenal sebagai smartphone Android tahan air dan debu. Kini Motorola menghadirkan versi lanjutannya yang lebih maju, yakni Defy XT535. Seperti seri sebelumnya, Defy XT535 mengusung desain full bar yang kompak dengan dimensi 115 x 58 x 11,9 mm, serta berat 114 gram, smartphone ini terlihat cukup ergonomis dalam genggaman. Ukurannya terbilang pas, tidak terlalu kecik tapi juga tak terlalu besar, ini diperlihatkan dari bentang layarnya yang 3.7 inchi. 

Untuk layarnya menggunakan teknologi TFT capacitive dengan kedalaman 16 juta warna, serta resolusi 480 x 854 pixels. Sebagai smartphone outdoor, layarnya yang sudah mengusung solusi anti gores dari Corning Gorilla Glass. Untuk dinamisasi, sudah pula dibenamkan MotoSwitch user interface, termasuk kemampuan multi touch yang cukup baik. 

Untuk menunjang misi outdoor, material Defy XT535 dibuat dari bahan plastik yang kesat, menjadikan gadget ini cukup mantap saat digenggam serta tidak licin. Baik audio port 3,5mm dan port MicroUSB disematkan pelindung dari bahan karet yang ampuh melindungi komponen penting dari cipratan air dan debu. Tutup back cover pun dibuat dengan perlindungan ekstra, yakni dengan sistem pengunci, sehingga tidak mudah terbuka dan kedap.

Catatan
Motorola Defy XT535 menggunakan konsep hot swap untuk MicroSD, bahkan posisi port MicroSD meski berada di dalam back cover, tetap dilkengkapi penutup karet. 

Fitur
Bila Motorola Defy MB525 dibekali OS Android 2.1 (Eclair), maka di Motorola Defy XT535 sudah menggunakan OS Android 2.3.7 (Gingerbread). Dari sisi tampilan menu, pastinya jauh lebih baik. Untuk kamera, Defy XT535 mengusung resolusi maksimum 5 megapixels (2592х1944 pixels) dan juga dibekali kamera sekunder pada sisi depan dengan resolusi VGA. Kamera sudah dilengkapi auto focus, flash light, digital zoom dan white balancing. Defy XT535 juga dapat merekam video dengan resolusi maksimum WVGA (800x480 pixels). 

Berkaitan dengan musik, tersedia pemutar musik dan FM radio. Pemutar musik hadir seperti biasa, sayangnya minus tiada shuffle dan equalizer. FM radio di XT535 dapat menyimpan hingga kapasitas 27 channel. Untuk menunjang akses internet juga terlihat apik, koneksi terbilang komplit dengan adanya HSDPA/HSUPA hingga koneksi WiFi dengan standar b/g/n. Dalam uji coba fungsi akseleormeter juga berjalan sempurna, sangat membantu saat melakukan browsing.  

Dilahirkan sebagai smartphone outdoor, Deft XT535 tak lupa dibekali aplikasi sport, yakni Dashboard, sebagai asisten untuk mengukur aktivitas olahraga. Agar tampil handal disegala situasi, Defy XT535 sudah dibekali dengan aplikasi senter dengan penerang berupa flash light. 

Catatan
Sayangnya kamera tidak dilengkapi dengan macro mode.

Kinerja
Dapur pacu Motorola Defy XT535 dipasok oleh prosesor 1Ghz dan memori internal yang tersedia 1GB dan 512RAM. Dalam uji coba, semua fitur dapat berjalan sangat baik. Bagi Anda yang doyan dengan aktivitas outdoor, gadget ini sangat direkomendasikan,salah satunya berkat bekal sertifikasi IP67 untuk ketahanan bodi dari air dan debu. Dalam teori, XT535 dapat diajak menyelam untuk kedalaman 1 meter untuk waktu maksimum 30 menit.

Untuk urusan tenagam Motorola Defy XT535 mengusung jenis baterai lithium ion dengan kapasitas 1.650 mAh. Waktu bicara yang dapat dicapai hingga 9 jam, dan waktu siaga hingga 290 jam.

No comments:

Post a Comment