Saturday, January 26, 2013

HTC Radar - Review




Desain
HTC memoles Radar dengan paduan warna putih dan silver. Sisi depan didominasi bahan glossy di bagian layar. Bagian bodi lainnya berbahan plastik kesat berkontur mirip stainless steel. Lekuk bodi Radar cukup ergonomis, sehingga nyaman digenggam.Bodi smartphone ini tidak begitu tebal, namun cukup berbobot saat digenggam.

HTC Radar juga dihiasi dengan port universal, yaitu MicroUSB dan audio port 3,5 mm. Port MicroUSB diletakkan di bodi kiri, fungsinya sebagai masukan kabel data sekaligus charger. Saat mengkoneksikan Radar ke PC, diminta untuk menginstall software Zune agar bisa sinkronisasi musik/foto/video atau update software. Smartphone ini tidak dibekali slot memori eksternal. Jadi untuk menampung berbagai file, hanya mengandalkan memori internal.

HTC Radar mengusung layar berukuran 3,8 inchi yang disuntikkan daya 16 juta warna 480x800 pixels. Tampilan layar pun terlihat tajam. Di bawah layar ditempel tombol Back, Home, Search berjenistouchpad. User interface (UI) Windows Phone 7.5 (Mango) berpenampilan tak ubahnya versi terdahulu (v.7). Namun jika dibandingkan dengan OS lainnya (Android, iOS,Symbian), maka Windows Phone menawarkan UI yang berbeda. Salah satunya ikon menu utama yang disusun hanya 1 baris yang bisa diusap ke atas dan bawah.

Catatan
HTC Radar mengusung desain unibody, artinya komponen baterai menyatu dengan bodi sehingga tidak bisa dilepas. 

Fitur
Tampilan antarmuka Windows Phone menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Saat diaktifkan dari keadaan standby (tekan tombol On/Off), akan tampil lock screen. Di lock screen  inilah bisa gonta-ganti wallpaper. Untuk meng-unlock layar, usap lock screen ke atas, akan muncul tampilan beberapa kotak (mirip widget) yang berisi menu tertentu. Lalu usap layar ke kiri untuk melihat menu utama. Tampilan menu utama disusun hanya 1 baris dan hanya bisa diusap ke atas/bawah.

HTC Radar dilengkapi  kamera utama 5 megapixels. Bekal yang dibawa adalah fitur Scenes (portrait, landscape, sport, backlight, macro), Effect, Panorama, Burst Shot, White Balance, Brightness, Saturation, Sharpness, ISO, Face Detection, LED flash, Digital zoom dan Autofocus. Kamera bisa merekam video High Definition (720p). Smartphone ini juga menyertakan kamera sekunder berdaya VGA yang diletakkan di atas layar, bisa untuk memotret, merekam video atau video call.

Fitur olah dokumen menjadi salah satu yang diunggulkan. Windows Phone membawa fitur Office yang sudah full version, jadi bisa membuka, mengedit dan membuat file baru langsung. Di Office juga ada Explore OneNote, serta ada Microsoft SharePoint Server 2010 untuk menyimpan, melihat dan mengedit dokumen secara online. Juga ada Office 365 untuk mengakses dokumen Office, email, calender dan contact secara online.

HTC Radar juga sanggup menyediakan akses internet berkecepatan tinggi, yaitu mencapai HSDPA
(14,4 Mbps) dan HSUPA (5,76 Mbps). Tidak lupa disediakan akses WiFi. Untuk browsernya disediakan Internet Explorer yang bisa membuka beberapa situs sekaligus). Untuk Zoom In/Out halaman situs bisa di-pinch atau doubel tap. Situs yang dibuka bisa ditampilkan dalam versi mobile atau desktop.

Fitur hiburan yang disediakan antara lain : Music, Videos, Podcast, Radio dan Games. Bahkan gamesnya didukung Xbox Live, yang tidak hanya bisa download games, tapi juga bisa bermain secara multiplayer (Games Hub). Menonton video terasa puas, karena videonya berkualitas HD, plus
layarnya luas dan tajam. Saat memutar musik atau radio, suara yang terdengar begitu nyaring dan jernih. Karena sudah didukung fitur Sound Enhancer (Dolby Mobile and SRS surround sound).

Sama seperti sistem operasi lainnya, Windows Phone juga menyediakan toko aplikasi online, yang diberi nama Market Place. Di sini disediakan berbagai aplikasi dan games, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Bahkan di Market Place juga disediakan konten berupa Music dan Podcast. Untuk masuk ke Market Place, harus sign in terlebih dahulu menggunakan akun Windows Live ID.

Catatan
Butuh 2 detik untuk menghasilkan foto. Disediakan Photo Enhancer untuk mengedit foto.

Kinerja
Tampilan antarmuka HTC Radar terasa simpel tapi begitu atraktif. Kinerjanya pun cepat, termasuk saat sedang membuka beberapa fitur sekaligus. Ini berkat dukungan prosesor berkecepatan 1 GHz plus RAM 512 MB. Fitur yang dikandungnya pun sudah memenuhi kriterai samrtphone zaman sekarang. Seperti akses internet cepat, hiburan lengkap, kamera resolusi tinggi, navigasi via peta
digital, serta tambahan aplikasi via aplication store.

Dengan segudang fitur kelas atas serta layar luas berpenampilan tajam, tentu akan menyedot daya baterai. Tapi HTC HD7 sudah dibekali baterai Lithium Ion berkapasitas cukup besar, yaitu 1520 mAh. Baterai ini sanggup bertahan kira-kira sekitar 7 jam untuk pemakaian yang terbilang intens.

No comments:

Post a Comment