Sunday, January 27, 2013

Sony Xperia Tipo ST21i - Review



Desain
Inilah seri Sony Xperia yang disasar untuk kelas paling pemula. Xperia Tipo ST21i dirancang dengan body menarik dan terkesan imut. Smartphone Android ini memiliki dimensi 103 x 57 x 13 mm dan berat 99,4 gram. Tampilan depan diisi oleh layar TFT capacitive dengan bentang 3,2 inchi, serta resolusi 320x480 pixels (HVGA) berkedalaman 256 ribu warna.  Diatas layar tersemat earpiece, sensor proximity, dan LED untuk notifikasi. 

Tepat di bawah layar, terdapat tiga panel touchpad, yakni untuk recent app, go to menu, dan back. Untuk instrumen di bawah layar hanya terdapat mikrofon. Sony Xperia Tipo terbilang irit untuk penempatan instumen, seperti pada sisi kanan bawah ditempatkan port MicroUSB, sedangkan pada sisi kiri terdapat tombol pengatur volume. Untuk audio port 3,5 mm terdapat pada sisi atas, bersebelahan dengan tombol on/off yang juga berperan sebagai tombol pengunci layar. 

Catatan
Slot MicroSD tidak mengusung hot swap.

Fitur
Sony Xperia Tip ST21i sudah berjalan di platform OS Android 4.0.3 ICS (Ice Cream Sandwich). Seperti halnya pada smartphone ICS lainnya, pada homescreen dapat memuat hingga 5 halaman yang bisa dikustomisasi dengan widget-widget favorit.  Sony Xperia Tipo dibekali kamera 3,15 Mpix (2048x1536 pixels), tidak ada bekal kamera sekunder untuk video call, juga tidak disematkan flash light. Dibandingkan dengan tampilan menu pada seri Xperia lainnya, menu yang ada pada Xperia Tipo terbilang lebih sederhana, diantara kelengkapannya adalah mode scene, white balance, self timer, geo tagging, dan exposure value.

Untuk rekam video, Sony hanya membatasi rekam hingga maksimum resolusi VGA (640x480). Di rekam video Anda bisa mengatur ukuran video, self tmer, microphone, dan white balance. Smartphone kelas pemula ini juga tak lupa dibekali pemutar musik, kelengkapan yang ada mencakup equalizer, shuffle, dan playlist. Khusus untuk equalizer hanya tersedia settingan secara otomatis. Untuk pancaran suara speaker, ada bekal fitur xLoud yang menghasilkan suara kencang dan jernih. Lain dari itu, ada FM radio dengan setting channel list dinamis. Masih terkait musik, ada aplikasi pengenal identitas lagu, yakni TrackID.

Untuk jalur koneksi, Xperia Tipo telah mendukung konekso mobile broadband hingga HSDPA dan HSUPA. Selain tentunya WiFi dengan standar b/g/n yang bisa menjalankan peran WiFi tethering (mobile hotspot). 

Catatan
Kamera tidak dilengkapi kemampuan auto focus. 

Kinerja
Sesuai dengan segman yang dibidik, Sony Xperia Tipo memang hanya dibekali prosesor tunggal 800 Mhz-Cortex-AS dengan chipet Qualcomm MSM7225AA. Untuk mendukung olah grafisnya, dibenamkan GPU (graphics processing unit) Adreno 200. Dari hasil uji coba, semua fitur dapat berjalan dengan sangat baik, terutama pada kualitas pancaran musiknya. Meski demikian, ketajaman layarnya terbilang standar. 

Sony Xperia Tipo ST21i ditenagai baterai Lithium ion dengan kapasitas 1.500 mAh. Secara teori, waktu siaga pada jaringan 3G dapat mencapai 470 jam, dan waktu bicara hingga 4 jam. Sedangkan pada moda jaringan 2G, waktu siaga dapat mencapai 545 jam, dan waktu bicara hingga 5 jam. 

No comments:

Post a Comment