Sunday, January 27, 2013

Nokia Lumia 920 - Review


Di penghujung tahun 2012, Nokia mengeluarkan smartphone jagoannya. Perusahaan asal Finlandia tersebut meluncurkan dua produk terbaru yang berbasis sistem operasi baru Windows Phone 8 yaitu Nokia Lumia 920 PureView dan Nokia Lumia 820. Berikut ulasan Lumia 920 yang merupakan Lumia unggulan dari Nokia karena menggunakan kamera PureView.

Desain
Desain Nokia Lumia 920 tampak mirip dengan Lumia 900, namun menawarkan ukuran layar lebih besar yakni  4,5 inchi dengan resolusi HD (high definition) 720p. Nokia menyematkan teknologi PureMotion HD+ dengan kaca melengkung di permukaan layarnya. Lumia 920 didukung oleh chipset Snapdragon S4 dan prosesor dual-core Krait 1,5GHz serta GPU Adreno 225. Smartphone ini memiliki berat 185 gram, dan hanya mendukung microSIM card.

Sengaja dirancang untuk mengesankan siapa pun yang melihat, Nokia menghadirkan warna-warna terang dalam pilihan warna kuning, merah, putih, dan hitam. Kerangka unibody dari terbuat dari bahan polikarbonat serta detail kamera dan tombol samping terbuat dari keramik zirkonium.

Sepasang speaker stereo diletakkan di bagian bawah yang mengapit lubang pengisi daya universal berjenis micro USB. Sedangkan di bagian kepala terdapat port microSIM card dengan pelindung serta lubang audio 3,5mm untuk earset.
Satu hal menonjol dari desain inovatif seri Lumia terbaru adalah pengguna bisa mengisi daya tanpa menancapkan steker. Cukup letakkan di atas pengisi daya nirkabel maka daya baterai akan terisi.

Catatan
Tidak bisa ‘lepas baterai’ jika terjadi ‘hang’, karena kerangkanya unibody.


Fitur 
Platform terbaru dari Microsoft membawa banyak peningkatan. Kesatuan ekosistem ini menyediakan pembaruan pada layanan yang ada di WP7. Mereka adalah teknologi NFC, Internet Explorer 10, Office dan SkyDrive, Kid’s Corner, Wallet, Xbox, Bing, dan tentunya Windows Phone Store.
Selain layanan bawaan Windows Phone 8, Nokia juga menyertakan kecanggihan terbaru dalam inovasi pencitraan Nokia PureView. Menggunakan teknologi canggih floating lens, kamera di Lumia 920 mampu mengambil gambar lima kali lebih terang dibandingkan smartphone lainnya tanpa menggunakan flash. Sehingga memungkinkan untuk menangkap gambar yang terang dan jelas, maupun video di dalam ruangan atau di malam hari. Teknologi PureView dengan lensa Carl Zeiss bisa merekam video bebas buram atau kabur. Berkat stabilisasi gambar optik, sekalipun kamera bergoyang atau di tempat yang kurang cahaya, Lumia 920 tetap mengabadikan foto fokus dan terang setiap saat. Melengkapi daftar eksklusif dari sisi kamera, Lumia 920 sanggup merekam video resolusi FullHD 1080p dan ditemani LED flash. Serta terdapat video editor dan photo editor.

Salah satu fungsi yang dibanggakan pada smartphone Lumia 920 ini adalah PureMotion HD+. Nokia mengklaim kalau piranti ini memiliki tampilan lebih tajam dari jenis layar yang lain. Kecerahannya menyesuaikan secara otomatis, tergantung pada cahaya ambient. Selain tampilan layar terang, responnya juga cepat, dan sensitivitasnya tinggi. Layar Lumia 920 tergolong sangat sensitif membaca sapuan ujung jari pengguna, meskipun jari dilapisi sesuatu.

Nokia membenamkan layanan baru bernama Nokia City Lens. Aplikasi ini mengusung konsep augmented reality yang membantu pengguna menemukan tempat-tempat favorit seperti kafe, restoran, atau tempat wisata lain di dekatnya melalui bidikan kamera. Selain itu, ada tampilan fresh untuk Nokia Drive dan Maps.

Keluarga Lumia baru ini dilengkapi dengan Microsoft Office dan Outlook versi lengkap. Pengguna bisa membuat atau menyunting dokumen PowerPoint, Excel, dan Word dengan mudah di manapun berada dengan sinkronisasi yang mulus.

Catatan
Tidak ada fitur Radio FM


Kinerja 
Nokia Lumia 920 merupakan flagship Lumia PureView pertama yang mengusung platform Windows Phone versi 8. Dari segi konektivitas, Nokia menyediakan fitur NFC dan turut mendukung 4G LTE (long term evolution). Selain itu, ada RAM 1GB, memori internal 32GB plus 7GB penyimpanan di SkyDrive. Melihat penyimpanan lokal yang cukup besar, maka tidak heran jika smartphone ini tidak memiliki slot untuk ekspansi memori.

Fitur terakhir yang perlu disebutkan adalah pengisian built-in wireless, artinya mampu mengisi daya secara nirkabel. Fitur ini menggunakan standar Qi dan dijanjikan bakal kompatibel dengan asesoris di waktu mendatang. Saat ini Nokia sudah menyediakan asesoris charging portable yang dijual terpisah. Pengguna bisa membeli Nokia Wireless Charging Stand atau Nokia Wireless Charging Plate untuk mengisi daya tanpa kabel.

Nokia Lumia 920 dan saudaranya Lumia 820 sudah meluncur di Tanah Air dalam empat pilihan warna.

No comments:

Post a Comment