Saturday, January 26, 2013

HTC One X - Review



Desain
One X adalah smartphone teranyar besutan  HTC. Seperti kebanyakan smartphone Android lainnya, One X mendayagunakan desain layar sentuh. Jika Anda perhatikan dengan teliti, desain HTC One X tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya. Garis-garis tubuhnya mirip dengan  smartphone HTC pada umumnya. Namun, ia memiliki tubuh yang cukup lebar yaitu 69,9 mm untuk mengakomodir layar 4,7 inchi yang diusungnya. Untuk ‘menebus’ lebarnya  tubuh One X, HTC menciptakan smartphone ini supaya lebih tipis. Ketebalan 8,9 mm secara langsung berpengaruh terhadap bobotnya yang cuma 130 gram.

Salah satu daya tarik utama HTC One X adalah tentu saja adalah layar HD super LCD2 4,7 inchi miliknya. Generasi kedua dari Super LCD. Kualitas gambar Smartphone ini adalah yang terbaik yang ada di pasar smartphone LCD saat ini. Layar One X Tidak hanya tajam (sekitar 312 ppi), tetapi juga memiliki kontras warna yang besar.

Di bawah layar terpampang tiga buah tombol yaitu back, home dan recent apps. Dan dibagian atas disematkan lubang untuk earphone bersebelahan dengan LED notifikasi. Sisi kiri dari HTC One X memiliki port microUSB, yang digunakan untuk transfer data, pengisian dan TV out.

Catatan
Pada kiri atas smartphone terdapat tray micro SIM yang dapat dikeluarkan menggunakan SIM eject tool yang didapat dari paket penjualan.

Fitur
Layaknya smartphone Android pada umumnya, HTC One X dilengkapi aplikasi Gmail yang sudah terembed. Email dari domain lain seperti Yahoo atau Hotmail ditambahkan melalui menu mail. Namun sayang sekali tidak terdapat dukungan push email untuk akun selain Gmail, pengguna harus melakukan refresh untuk menarik email. Seperti biasa ada fitur SMS dan MMS sebagai layanan messaging. Selain itu ada layanan Gtalk untuk chat.

One X diperkuat kamera 8 MP untuk menangkap foto, pengguna juga bisa menangkap video kualitas HD dengan output MP4. HTC One X menggunakan aplikasi image galery khas HTC. Aplikasi ini secara otomatis mennampilkan foto dan video, di mana pun mereka disimpan. Pengguna dapat memilih untuk menampilkan / menyembunyikan hasil jepretan kamera, atau semua foto dan video. Selain itu pengguna juga dapat unggah langsung ke Facebook, Flickr, Dropbox, Picasa atau SkyDrive.

Browsernya mendapat dukungan Flash Player. Hadir pula fitur Pinch zoom dan zoom double tap bekerja cukup baik walau terkadang terasa sedikit lag saat membuka web yang memiliki banyak gambar/foto. Tidak hanya itu, browser HTC One X mampu membuka maksimal 6 halaman website secara bersamaan.
One X memiliki para label Audio Beats yang tertera pada bagian belakang, yang berarti suara dari smartphone dapat ditingkatkan untuk pengalaman mendengar musik yang luar biasa. Pengguna dapat memilih preset untuk audio - audio Beats, klasik, bass boost dan sebagainya. Pengguna bahkan bisa memantikan eq dan efek suara, untuk mereka yang tidak suka sura nge-bass. HTC One X juga dilengkapi dengan radio FM, yang memiliki antarmuka yang sangat sederhana.

Catatan
Headset yang didapat dari kotak adalah headset biasa bukan produk Beats.

Kinerja
HTC One X merupakan smartphone denganspesifikasi yang mumpuni. Seperti penggunaan prosesor 1.5 GHz quad-core, RAM 1GB, memori internal 32GB, layar IPS LCD2 4.7 inci, Android Ice Cream Sandwich 4.0, dan baterai 1800mAh. User interface HTC Sense UI 4.0 juga patut mendapat jempol dari kami.

HTC menanamkan baterai Li-Polymer dengan kapasitas 1800mAh ke dalam One X. Dengan pemakaian normal di jaringan 3G ia mampu bekerja maksimal 15 jam. Sedangkan dalam keadaan standby One X bisa bertahan sekitar 30 jam.

No comments:

Post a Comment