Saturday, January 26, 2013

Motorola EX 212 Gleam - Review



Desain 
Motorola EX212 Gleam memiliki desain clamshell atau Flip(bukaan). Secara desain handphone yang mendukung dual SIM ini nampaknya masih eksis dibalik gempuran smartphone layar sentuh yang sedang merebak. Seperti ponsel Motorola terdahulu, Gleam juga memiliki desain mungil dan tipis. Dimensinya hanya 106x53mm dengan ketebalan kurang dari 13.9mm, sementara beratnya tak lebih dari 105gram. Untuk ukuran handphone masa kini, bodinya terbilang cukup tebal. Namun mengingat handphone ini desainnya Flip maka dapat dimaklumi bila ketebalannya dua kali lipat dari ukuran normal.
Pada bagian depan terdapat layar eksternal ini yang berfungsi sebagai LED notifikasi seperti pesan dan panggilan, dengan tampilan ikon-ikon. Sementara di bagian dalam terbentang sebuah layar berukuran 2.4 inchi jenis TFT dengan kedalaman warna 265 ribu warna, mendukung resolusi QVGA atau setara dengan 240 x 320 pixel.
Memutar dari sisi-sisinya, kita bisa melihat ada audio jack 3.5mm di sebelah kanan. Dan microUSB port di sisi kiri. Seperti handphone clamshell pada umumnya, saat membuka bagian atas, otomatis keypad dan layar bisa menyala.
Catatan
Mengusung keypad alphanumeric
Fitur
Fitur yang menjadi unggulan dari Motorola EX212 Gleam ini adalah memiliki dual slot sim card.  Namun sayang, meski Gleam mampu mengoperasikan Dual Sim On, tapi untuk melakukan panggilan atau mengirim SMS, tidak ada opsi penggunaan SIM card 1 atau 2. Jadi harus melakukan setting terlebih dahulu.
Jika bicara internet, maka GPRS adalah satu-satunya sarana untuk mengakses dunia maya, pasalnya tak ada konetifitas lain yang bisa diandalkan. Tak Ada WiFi, apalagi 3G. Sebagai pengabdi momen-momen penting, Motorola Gleam dipersenjatai dengan sebuah kamera berukuran 2 MP berkualitas baik yang juga mampu merekam video standar 15fps. Sementara pemutar audio standar mampu memutar file berformat MP3, WAV dan AAC. Untuk kebutuhan pemutar lagu, slot microSD yang disediakan mampu mendukung hingga 16GB. Tak lupa pula tersedia port jack 3.5mm standar untuk headset / earphone. Sebagai pelengkap, hadir pula radio FM yang sudah terintegrasi.
Untuk media penyimpanan data, Motorola Gleam dibekali dengan memori internal yang sagat kecil, hanya 32MB saja, namun masih tetap bisa diisi dengan memori eksternal yang berkapasitas sampai 16GB. Handphone ini mendukung phonebook hingga 800 kontak.
Kinerja
Konektivitas pada Motorola EX212 Gleamterbilang lengkap, meski pada kelas standar. Untuk berselancar di dunia maya, Gleam berlari di jalur GPRS yang stabil. Namun ini juga dipengaruhi dengan jaringan selular yang Anda gunakan. Sementara untuk koneksi antar piranti, tersedia Bluetooth dan port microUSB.
Motorola Gleam disokong dengan baterai Lithium Ion 750 mAh. Yang mampu stand by hingga 500 jam, dan talk-time sampai 6 jam dan 20 menit.

No comments:

Post a Comment