Sunday, January 27, 2013

Samsung S6802 Galaxy Ace Duos - Review



Desain
Dilihat dari desain, Samsung S6802 Galaxy Ace Duos memang tak ubahnya seri Galaxy Ace yang lain. Dirancang dengan konsep full bar minimalis. Smartphone Android ini memiliki dimensi 112,7 x 61,5 x 11,5 mm dan berat 122 gram. Sekujur body-nya dominan dibalut material plastik dengan bahan glossy yang elegan. Samsung Galaxy Ace Duos mengusung jenis layar TFT capacitive dengan kedalaman 256 ribu warna. Bentang layarnya 3.5 inchi dengan resolusi 320x480 pixels, untuk kualitas visual, kerapatan pixels memang tidak terlalu tinggi, hanya 165 ppi. 

Tampak pada bagian depan, diatas layar terdapat earpiece dan sensor proximity. Lalu dibawah layar, seperti halnya seri Android Samsung lainnya, terdapat tombol back, dan dua touch pad untuk menuju menu dan back. Sedangkan pada bagian belakang, terdapat lensa kamera dan lubang speaker. Memantau instrumen pada sisi-sisinya, pada sisi kiri terdapat tombol on/off – juga berperan sebagai tombol pengunci layar. Lalu pada sisi kanan tersemat tombol pengatur volume.

Samsung Galaxy Ace Duos juga cukup ergonomis memenuhi kebutuhan musik, ini dibuktikan dengan penempatan audio port 3,5mm pada sisi atas. Sedangkan microUSB port terdapat pada sisi bawah body. Smartphone ini juga sudah dibekali kemampuan hot swap pada slot kartu MicroSD, walau untuk itu harus membuka tutup back cover terlebih dahulu. 

Catatan
Sayangnya konsep hot swap tidak diterapkan pada salah satu slot SIM card. Dibanding seri Galaxy Ace yang lainnya, kedalaman warna Galaxy Ace Duos terbilang paling kecil. 

Fitur
Samsung Galaxy Ace Duos sejatinya memang ditawarkan oleh Samsung untuk mengisi segmen kelas menengah Android. Bisa dibilang untuk urusan fitur dasar ya terlihat standar-standar saja, kecuali ciri khasnya, yakni kemampuan dual on GSM-GSM. Kedua kartu dapat aktif bersamaan pada jaringan GSM quadband (2G), namun untuk penggunaan koneksi di jalur 3G (HSDPA), Anda harus menentukan koneksi pada salah satu kartu (soft switch pada menu setting).

Andalan lain di Android ini yakni pada bekal kamera dengan resolusi 5 Mpix (2592x1944 pixels), tampil dengan minus flash light, menu yang melengkapi kamera mencakup auto focus, night mode, macro mode, multi shot, white balancing, efek, timer, smile detection, dan foto editor. Kemampuan rekam videonya maksimum hingga kualitas VGA dengan kecepatan 30 fps. 

Mengenai hiburan, pemutar musik sudah dilengkapi dengan equalizer, shuffle, dan playlist. Lain dari itu ada FM radio dengan kapasitas penyimpanan channel list yang dinamis. Mendukung tugas-tugas kantoran, Samsung Galaxy Ace Duos dalam versi jualnya sudah dibekali aplikasi Quick Office, sehingga Anda bisa membuka, mengedit, membuat dokumen file baru dengan ekstensi Microsoft Office. 

Catatan
Koneksi radio tetap membutuhkan headset sebagai antena.  Radio sayangnya tidak dilengkapi fungsi rekam siaran. Samsung telah memberikan embedd aplikasi instant messaging ciptaannya yang populer, yakni ChatOn.

Kinerja
Samsung Galaxy Ace Duos S6802 dalam versi jualnya masih berbekal OS Android 2.3 (Gingerbread). Belum ada keterangan resmi untuk program update ke Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich). Meski 90 persen gadget yang terlahir Gingerbread, kemungkinan bakal mendapat update ke ICS oleh Samsung. Smartphone dual on ini ditenagai single prosesor 832 Mhz. Memang belum terlalu mumpuni, tapi toh ini terlihat wajar mengingat harga jualnya yang tidak terlampau mahal. Dalam pengujian, Samsung Galaxy Ace Duos dapat menampilkan performa yang apik, seperti proses soft switch pada jaringan 3G antar dua kartu. 

Samsung Galaxy Ace Duos S6802 dietanagai baterai Lithium ion dengan kapasitas 1.300 mAh. Waktu siaga yang dapat dicapai adalah 570 jam dan waktu bicara sampai 18 jam pada jaringan 2G. Sedangkan bila menggunakan jaringan 3G, waktu siaga bisa mencapai 420 jam dan waktu bicara hingga 7 jam. 

No comments:

Post a Comment