Saturday, January 26, 2013

HTC Windows Phone 8X - Review



Desain
Memenuhi janjinya, HTC Indonesia sebelum tutup tahun akhirnya telah meluncurkan dua smartphone dengan basis Windows Phone (WP) 8, yakni HTC WP 8S dan HTC WP 8X. HTC WP 8S telah kami ulas sebelumnya, dan kini adalah HTC WP 8X yang disasar untuk pasar yang lebih premium.  
Dari segi desain HTC WP 8X, smartphone ini terlihat cukup bongsor dengan rancangan struktur unibody. HTC WP 8X dirancang dengan desain yang cukup ergonomis, bagian sisi belakangnya lumayan nyaman ketika digenggam, hal ini tak lepas dari konsep desain melengkung pada body. HTC WP 8X memiliki dimensi 132,4 x 66,2 x 10,1 mm dengan berat 130 gram. Yang cukup menarik adalah material pembalut body terbuat dari bahan polycarbonate, sehingga ramah lingkungan dan tidak mengadung bahan kimia berbahaya. Tekstur pada sisi body dibuat dari bahan yang kesat mirip dof, sehingga mantap dalam genggaman. 
Bagian depan diisi oleh layar berjenis S-LCD 2 dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels yang berukuran 4.3 inci dilapisi dengan Gorilla Glass 2. Kualitas layar terbilang memukau, pasalnya tingkat kepadatan pixelsnya mencapai 342 ppi. Diatas layar terdapat kamera sekunder, earpiece, LED untuk notifikasi, sensor cahaya, dan sensor proximity. Sedangkan dibawah layar terdapat tiga touchpad untuk fungsi back, home, dan search. 
Untuk sisi belakang diisi kamera utama flash light LED dan speaker dibagian bawah. Bagian atas diisi dengan tombol lock/power, audio port 3,5mm sedangkan bagian bawah terdapat mic, dan port microUSB.  Sisi kiri ponsel diisi dengan microSIM tray, tombol volume dan tombol kamera, sedangkan sisi kanan polos saja tidak ditempatkan apa pun. 
Catatan
HTC WP 8X tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. HTC 8X ditawarkan dengan pilihan varian warna biru, kuning, merah dan hitam.
Fitur
HTC WP 8X memiliki kamera utama beresolusi 8 Mpix (3264 x 2448 piksel) dan kamera sekunder dengan resolusi 2,1 Mpix. Kamera utama sudah dilengkapi auto fokus, flash light, white balance,dan exposure. Kamera juga dilengkapi menu Bing lense untuk melakukan scan kode QR atau barcode. Asyiknya smartphone ini  sudah memiliki tombol kamera, Anda dapat masuk ke menu ini secara cepat dengan menahan tombol kamera meskipun layar sedang tidak aktif (lock screen).

Untuk rekam video ada yang khas, dimana kedua kamera di smartphone ini dapat melakukan perekaman hingga resolusi HD 1080p (1920x1080 pixel) yang disimpan dalam format MP4. Dengan hadirnya lampu LED maka anda dapat melakukan perekaman dengan bantuan cahaya jika berada di tempat gelap. Sama seperti kamera dalam merekam video anda juga dapat menggunakan efek.

Sebagai titisan langsung dari Microsoft, sudah barang tentu HTC WP 8X menggunakan browser default Internet Explorer. Browser dapat membuka hingga 6 tab sekaligus. Browser telah didukung dengan HTML5, menjadikan kenikmatan dalam melakukan browsing begitu nyaman, tentunya sudah ada bekal kemampuan pinch zoom. Dukungan koneksi internet juga menjadi poin penting, sejatinya HTC WP 8X sudah dibekali koneksi 4G LTE (long term evolution), tapi karena di Indonesia belum ada operator yang menyediakan LTE, untuk versi yang dijual di Indonesia hanya bersandar pada HSDPA dan HSUPA.  Menunjang koneksi lainnya, WiFi pun sudah mengusung dual band dengan standar a/b/g/n yang dibekali kemampuan tethering.

Pemutar musik tampil dalam beberapa kategori seperti artist, albums, songs, playlist, genres. Sebagai keluarga smartphone HTC terdapat menu penggunaan Beats Audio. Seperti halnya pada smartphone HTC di kelas Android yang mengusung Beats Audio, kualitas enhance sound dari Beats Audio memang hanya dapat dirasakan melalui headset saja. Untuk pancaran suara dari speaker, kualitasnya terdengar biasa-biasa saja, meski masih dapat dibilang lumayan jernih.

Satu lagi yang menarik dari smartpone berspirit Microsoft ini adalah bekal aplikasi office. Dibanding aplikasi office yang ada di Android, aplikasi office di smartphone ini adalah native dan punya kinerja yang apik. Anda tentu saja bisa mengedit, membuka, dan membuat dokumen baru. Untuk melakukan pengetikan sebaiknya gunakan moda landscape dengan dukungan fitur akselerometer. Mendukung peran aplikasi office, juga terdapat aplikasi OneNote versi terbaru.

Catatan

Sayangnya smartphone ini tidak dilengkapi fitur FM radio.

Kinerja
Dari segi dapur pacu, HTC WP 8X sangat menjanjikan, dibekali prosesor dual core 1.5 Ghz Krait Qualcomm MSM8960 Snapdragon. Untuk urusan layar pun GPU-nya mengusung Adreno 225. Dari hasil uji coba, kinerja smartphone ini nampak cukup maksimal dan memuaskan. Sayang tidak ada bekal memori eksternal, untuk memori harus bersandar pada memori internal 16GB dengan  RAM 1GB. Smartphone ini dibekali baterai Lithium-ion dengan kapasitas 1.800 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 240 jam dan waktu bicara sampai 6 jam.

No comments:

Post a Comment