Saturday, January 26, 2013

HTC Windows Phone 8S - Review



Desain
Sesuai dengan janji HTC untuk meluncurkan smartphone ber-OS Windows Phone 8 (WP8) sebelum tahun 2012 berganti. Kini telah hadir HTC Windows Phone 8S, sebuah smartphone kelas menengah dengan OS terbaru besutan Microsoft. Desainnya tentu sudah mengusung plartform modern, dimana Windows Phone 8S mengadopsi konsel unibody. Sekujur materialnya, terutama di bagian back cover menggunakan material plastik padat dengan bahan dof. 

Pada sisi atas layar terdapat earpiece dan dibawah layar terdapat tiga touchpad, yakni touchpad pertama untuk fungsi back, kemudian touchpad home dan berikutnya touchpad untuk shortcut aksrs menuju halaman Bing browser. Layarnya cukup terlihat tajam dengan teknologi S-LCD capacitive berkedelaman 16 juta warna. Bentang ukuran layarnya  4 inchi dengan resolusi 480x800 pixels, kualitas layar terlihat tajam berkat kerapatan pixelsnya mencapai 233 ppi. HTC juga tak lupa memberi unsur perlindungan berupa proteksi lapisan Corning Gorilla glass. 

Menelusuri lekuk body HTC Windows Phone 8S, pada sisi kanan tidak ada instrumen dalam wujud apa pun. Sebaliknya pada sisi kiri terdapat tombol pengatur volume dan tombol shortcut kamera. Yang menarik, tombol shortcut kamera dirancang cukup ergonomis, dimana sangat nyaman dikendalikan oleh telunuk di tangan kanan. Pada bagian atas tersemat tombol on/off yang juga berperan sebagai pengunci layar, tepat disebahnya terdapat audio port 3.5mm. 

Berpinda ke sisi bawah, HTC merancang sebuah desain cover untuk memasukkan microSD dan microSIM card. Dan terakhir melihat sisi bekalang (back cover), terdapat lensa kamera, flash light serta logo khas Beats Audio, dan pada posisi paling bawah nampak lubang speaker phone. 

Catatan
Menegai cover penutup microSD dan microSIM card pada sisi bawah, dalam pengujian nampak cukup sulit untuk dibuka, dan terkesan keras. 
 
  

Fitur
Dengan adopsi OS Windows Phone 8, smartphone ini menampilkan citarasa yang berbeda dari sisi tampilan antarmuka. Bagi Anda yang biasa menggunakan smartphone HTC berbasis Android, maka yang dihadirkan di Windows Phone 8S sangat berbeda. Sekilas tampilan antarmuka di smarphone ini jauh lebih sederhana dan penyajian. 

HTC Windows Phone 8S mengusung kamera dengan resolusi 5 megapixels (2592x1944 pixels) yang dilengkapi flash light. Menu kamera yang disajikan mencakup auto focus, face detection, geo tagging, white balance, macro, effect, ISO, imaga stabilization, photo enhancer (filter warna) dan foto editor. Sedangkan untuk rekam video resokusi maksimumnya adalah 720p dengan kecepatan 30 fps. Menu pendukung dalam rekam video mencakup pengaturan suara, white balance dan brightness.

Dukungan koneksi internet tersedia lengkap, mulai dari standar 2G (GPRS/EDGE) hingga HSDPA/HSUPA tersaji di smartphone ini. Untuk WiFi-nya menggunakan standar b/g/n yang telah dibekali kemampuan WiFi hotspot (tethering). Sedangkan untuk Bluetooth mengadopsi versi 3.1 dengan kemampuan A2DP.   

Satu lagi yang menarik dari smartpone berspirit Microsoft ini adalah bekal aplikasi office. Dibanding aplikasi office yang ada di Android, aplikasi office di smartphone ini adalah native dan punya kinerja yang apik. Anda tentu saja bisa mengedit, membuka, dan membuat dokumen baru. Untuk melakukan pengetikan sebaiknya gunakan moda landscape dengan dukungan fitur akselerometer. Mendukung peran aplikasi office, juga terdapat aplikasi OneNote versi terbaru. 

Sebagai standar smartphone keluaran HTC, pemutar musik telah dibekali fitur Beats Audio. Meski tidak dilengkapi menu equalizer, tapi dukungan sound enhancer terasa memukau terutama Beats Audio diaktifkan untuk diperdengarkan pada headset.  

Catatan
Sayannya HTC Windows Phone 8S tidak dilengkapi kamera sekunder untuk keperluan video call. Perlu dicatat, smartphone ini tidak dilengkapi FM radio. 

Kinerja
Digadang untuk mengisi pangsa ponsel pintar kelas menengah, dapur pacu HTC Windows Phone 8S dipecayakan pada prosesor dual core 1Ghz Krait dan chipset Snapdragon S4 dari Qualcomm. Untuk kinerja layar, GPU Adreno 305 menjadi elemen vital terkait visualisasi layarnya yang maksimal. Mendukung tren cloud computing, smartphone ini juga telah dibakali SkyDrive dan Office 365. Yang cukup menarik, ada aplikasi Kids Corner. Ini merupakan aplikasi pintar yang dapat menyembunyikan fitur/aplikasi yang tidak akan terlihat oleh anak-anak, sehingga tidak disalahgunakan.

Menggunakan jenis batetai internal, HTC WP8S ini mengusung jenis baterai lithium polymer dengan kapasitas 1.700mAh. Dari hasil uji coba, baterai dapat bertahan hingga 32 jam dalam pemakaian standar.  

No comments:

Post a Comment